Tempat Yang Paling Mustajab di Tanah Haram

tempat maqbulnya doa

Umroh Bintang 3 Hasanah

Ibadah Umroh atau Haji merupakan ibadah yang tidak semua muslim bisa melaksanakannya hal ini terkait dengan Jarak, Biaya dan kesempatan yang ada, apalagi Ibadah Haji yang di Indonesia saja seorang yang akan melaksankan iadah haji kadang harus menunggu 15 sampai 20 tahun untuk mempunyai kesempatan berhaji sejak dia daftar haji. Sehingga Ibadah Umroh dan Haji menjadi ibadah yang sangat Istimewa.

Saking jarangnya kesempatan untuk beribadah umroh atau haji, pada saat ada kesempatan maka para jamaah harus bisa memaksimalkan kesempatan beribadah tersebut. Selain menyempurnakan Ibadah Umroh dan Haji, juga para jamaah memanfaatkan untuk bermunajat atau berdoa di Tanah Haram (Haramain)

Tempat-tempat Mustajab

Di Mekah Al Mukaromah dan Madinah Al Munawaroh Khususnya di Masjid Al Harom dan Masjid Nabawi ada tempat-tempat yang paling mustajab atau di qobulnya doa, tempat tersebut adalah sebagai berikut :

tempat maqbulnya doa

A. Multazam

Letak Multajam adalah di antara Hajar Aswad dan Pintu Kabah. Multajam merupak tempat yang paling utama. Untuk diperhatikan saat akan ke Multajam adalah akan banyak orang yang akan ke Multajam dalam satu waktu sehingga diperlukan kesabaran untuk sampai di Multajam dan jangan mengotori niat baik ke Multajam dengan menyakiti orang lain dalam proses mengantri ke Multajam. Di sarankan sebelum ke Multajam berdoa ke Alloh semoga di mudahkan untuk ke Multajamnya.

B. Hijir Ismail

Hijir Ismail merupakan satu tempat yang mustajabah juga di Masjid Al Harom, lokasinya dekat kabah, tepat dibawah Talang Air kabah dan dibatasi oleh tembok setengah lingkaran. Hijir Ismail juga tempatnya sangat terbatas sehingga disarankan untuk sabar mengantri.

C. Rukun Yamani

Kabah terdiri dari 4 (empat) tiang atau sudut yang masing masing mempunyai nama, yaitu Rukun Aswad yang terletak persis di Hajar Aswad di tempatkan kemudian Rukun Iraq, Rukun Syam dan Rukun Yamani

D. Dalam Kabah

Untuk bisa dapat kesempatan masuk ke dalam Kabah tentu sangat sulit, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam Kabah. Tapi para jamaah bisa berdoa di Hijir Ismail karena Hijir Ismail merupakan Bagian dari Kabah, sehingga para jamaah umroh atau haji saat melaksankan Thowaf dilarang masuk ke Hijir Ismail dan sudah dibatasi oleh tembok setengah lingkaran dekat Kabah.

E. Safa dan Marwah

Pada saat melaksankan Sai yaitu berjalan dari Safa ke Marwah dan Marwah ke Safa  sebanyak 7 kali, di Safa Marwah ini juga tempat yang Mustajabah untuk berdoa

F. Di belakang Maqom Ibrahim

Setelah melaksankan Thowaf 7 putaran disunahkan untuk Sholat 2 rakaat di belakang Maqom Ibrahim dan di belakang Maqom Ibrahim ini juga tempat mustajabah untuk berdoa

G. Muzdalifah dan Mina (arafah)

Salah satu tempat yang ada di arafah adalah Jabal Rahmah, dan Jabal Rahmah merupakan salah satu tempat yang Mustajabah untuk berdoa, para jamaah biasanya bedoa dikhusukan tentang jodoh.

jabal rahmah

H. Raudah

Raudah terletak di Kota Madinah Al Munawaroh tepatnya di dalam Masjid Nabawi. Di dalam Masjid Nabawi lokasinya diantara Mimbar dan Kediaman Rasululloh Muhammad SAW semasa Beliau hidup. Raudah sendiri sudah ditandai dengan Karpet Hijau jadi jika Jamaah sudah di dalam Masjid Nabawi jika sudah di atas karpet berwarna hijau, itulah Raudah selain raudah akan berkarpet merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.