Beranda » Tata Cara Umroh » Panduan dan tata cara umroh sesuai tuntunan

Tata Cara Umroh

Umroh artinya berkunjung atau berziarah. Setiap orang yang melakukan ibadah haji wajib melakukan Ibadah Umroh, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan Umroh ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah…`

 

Untuk Buku Panduan Umroh, sudah tersedia di Play Store. silahkan klik tautan berikut Buku Panduan Umroh Android

ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu`akkad (sunah yang dipentingkan).

Umroh diwajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja, tetapi banyak melakukan Umroh juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya `Umroh di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali`.

Pelaksanaan Umroh

Tata cara pelaksanaan ibadah Umroh adalah: mandi, berwudhu, memakai pakaian ihram di mîqât, shalat sunah ihram 2 rakaat, niat Umroh dan membaca Labbaik Allâhumma `umrat(an) (Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, untuk Umroh), membaca talbiah serta doa, memasuki Masjidil Haram, tawaf, sa`i, dan tahalul.

Tahapan Umroh

1. Berangkat menuju Miqat

2. Berpakaian dan berniat Ihram di Miqat (Tempat Miqat, al : Bier Ali, Ji`ronah,Tan`im, dsb)

3. Shalat sunat ihram 2 rakaat jika memungkinkan

4. Melafazhkan niat Umroh : Labbaik Allahuma Umrotan

5. Teruskan perjalanan ke Mekah, dengan membaca Talbiah sebanyak-banyaknya dan mematuhi larangan saat ihram

6. Melakukan Tawaf sebanyak 7 putaran
7. Melakukan Sa`i antara Bukit Safa – Bukit Marwah sebanyak 7 kali

8. Tahallul (menggunting rambut)

9. Ibadah Umroh selesai

ihram wanitatata cara umroh

Syarat, Rukun, dan Wajib Umroh

Syarat untuk melakukan Umroh adalah sama dengan syarat dalam melakukan ibadah haji. Adapun rukun Umroh adalah:

1. Ihram

2. Tawaf

3. Sa`i

4. Mencukur rambut kepala atau memotongnya

5. Tertib, dilaksanakan secara berurutan

Sementara itu wajib Umroh hanya satu, yaitu ihram dari mîqât.

Larangan dalam Umroh

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sudah memakai pakaian ihram dan sudah berniat melakukan ibadah haji/Umroh adalah:

1. Melakukan hubungan seksual atau apa pun yang dapat mengarah pada perbuatan hubungan seksual

2. Melakukan perbuatan tercela dan maksiat

3. Bertengkar dengan orang lain

4. Memakai pakaian yang berjahit (bagi laki-laki)

5. Memakai wangi-wangian

6. Memakai khuff (kaus kaki atau sepatu yang menutup mata kaki)

7. Melakukan akad nikah

8. Memotong kuku

9. Mencukur atau mencabut rambut

10. Memakai pakaian yang dicelup yang mempunyai bau harum

11. Membunuh binatang buruan

12. Memakan daging binatang buruan

Doa Umroh

1  Niat

نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَاَحْرَمْتُ بِهَا ِللهِ تَعَالَى

“aku niat umroh dan ihramnya karena Alloh ta’ala”

2.  Talbiah

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ

” aku penuhi panggilan-Mu Ya Alloh, aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-MU, aku penuhi panggilan-Mu, sesungguhnya segala puji dan nikmat hanya milik-Mu, juga semua kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu”

3. Doa Masuk Masjidil harom

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

“Ya Alloh Engkau sumber keselamatan dan dari-Mu lah datangnya keselamatan itu semua, maka sambutlah kami dengan selamat sejahtera dan masukan kami ke syurga negri-Mu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engakau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Alloh bukakanlah pintu untukku pintu rahmat dan ampunan, dan masukanlah aku ke dalam Ampunan-Mu dengan nama Alloh dan segala puji bagi Alloh , shalawat dan salam untuk RasulAlloh”.

4. Doa Melihat Kabah

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَّفَّهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَبِرًّا.

“Ya Alloh Tambahkan lah kemulian, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitulloh ini dan tambahkan pula pada orang orang yang memuliakan, menghormati, dan mengagungkan diantara mereka yang berhaji atau berumroh padanya dengan kemulian, kehoramatan, kebesaran dan kebaikan.”

Safa Marwah

5. Doa Sai

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ أَبْدَأُ بِماَبَدَأَ اللهُ بِهِ وَرَسُوْلُهُ إِنَّ الصَّفاَ وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ , فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِاعْتَمَرَ فَلاَجُناَحَ عَلَيْهِ أَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِماَ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْراً فَإِنَّ اللهَ شاَكِرٌ عَلِيْمٌ

“Dengan Nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mulai dengan apa yang sudah dimulai  Alloh dan RasulNya. Sesungguhnya Safa dan Marwah sebagian dari syiar syiar (tanda Kebesaran Alloh), maka barang siapa yang beribadah Haji ke Baitulloh ataupun umroh, maka tidak dosa  bagainya melakukan sai diantara keduanya. Dan Barang siapa mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka Sesungguhnya Alloh Maha Penerima Kebaikan lagi Maha Mengetahui”

Sai Safa marwah

6. Doa Saat di bukit Safa menghadap Kabah

أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ , أَللهُ أَكْبَرُ عَلَى ماَ هَداَناَ وَالحَمْدُ ِللهِ عَلَى ماَ أَوْلاَناَ . لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ , لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ بِيَدِهِ الخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ . لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزاَبَ وَحْدَهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِياَهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكاَفِرُوْنَ

“Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, segala puji bagi Alloh, Alloh Maha Besar, atas petunjuk yang diberikannya kepada kami segala puji kepada Alloh atas karunia yang telah di anugrahkanNya Kepada kami Tiada Tuhan selain Alloh yang Maha Esa Tiada sekutu bagiNya. baginya Kerajaan dan Pujian. Dia lah yang menghidupkan dan mematikan. pada kekuasaan-Nya lah segala kebaikan dan Dia berkuasa atas segala sesuatu, tiada Tuhan selain Alloh yang maha Esa. Tiada sekutu bagiNya yang telah menepati janjiNya. Menolong HambaNya dan menghancurkan sendiri musuh musuhNya. Tiada Tuhan selain Alloh dan kami tidak menyembah kecuali kepadaNya dengan memurnikan (Ikhlas) kepatuhan kepadaNya walau orang orang kafir membenci”

7. Doa antara  warna hijau di Sai

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاعْفُ وَتَكَرَّمْ وَتَجاَوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ تَعْلَمُ ماَلاَ نَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ اللهُ الأَعَزُّ الأَكْرَمُ

“Ya Alloh, Ampunilah, Sayangilah, maafkanlah, bermurah hatilah dan hapuskanlah apa yang Engkau ketahui dari dosa kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yang kami sendiri tidak tau. Sesungguhnya Engkau ya Alloh Maha Tinggi Maha Pemurah”

warna hijau di Sai

warna hijau di Sai

8. Doa ketika mendaki bukit safa marwah

إِنَّ الصَّفاَ وَالمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ , فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوِاعْتَمَرَ فَلاَجُناَحَ عَلَيْهِ أَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِماَ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْراً فَإِنَّ اللهَ شاَكِرٌ عَلِيْمٌ

“Sesungguhnya safa dan marwah sebagian dari syiar syiar tanda Kebesaran Alloh. Maka barang siapa yang beribadah Haji ke Baitullah ataupun berumroh maka tidak ada dosa baginya mengerjakan Sai antara keduanya. Dan barang siapa mengerjakan sesuatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Alloh Maha menerima kebaikan dan Maha Mengetahui”

 

Manfaat Melakukan Ibadah Umroh

Salam

Nooralia Haji Umroh cirebon, Travel Umroh Terbaik

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.