Beranda » Berita Umroh » Miqot Umroh dan Haji

Miqot Umroh dan Haji untuk lebih lanjut tentang Miqot harus di ketahui dulu apa itu Miqot ?. Berdasarkan defiisi atau batasan Miqot adalah : Batas dimulainya ibadah umroh atau Haji berdasarkan waktu dan tempat yang telah di tetapkan oleh Rasululloh SAW.

Persiapan Untuk Miqot

Untuk kesempurnaan Ibadah Umroh atau haji maka perlu kiranya dipersiapkan hal-hal sebelum melaksanakan Ibadah Umroh atau Haji seperti halnya persiapan untuk miqot, apa saja persiapannya :

  • Jika belum Mandi Junub atau mandi besar maka diwajibkan untuk mandi besar kemudian bersuci dengan berwudhu.
  • Diperkenankan untuk menggunakan wewangian (sebelum niat umroh atau Haji) di badan tapi jangan di Kain Ihrom atau baju ihrom.
  • Mengenakan pakian ihrom yang sesuai dengan ketentuan. Untuk Jamaah wanita pakaian yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan untuk warna pakaian ihrom untuk jamaah wanita yang afdol adalah yang berwarna putih.
  • Sedangkan untuk Jamaah pria adalah mengenakan 2 helai kain ihram yang sudah di sediakan oleh Travel Umroh Terbaik Nooralia Haji Umroh. Tidak menutup kepala dengan apapun misal Topi, Kopiah atau menutup dengan kain ihrom itu sendiri. Untuk lebih nyaman dibolehkan untuk mengenakan sabuk. Yang perlu diperhatikan adalah cara memakainya jangan sampai di bawah pusar dan di atas lutut selain itu juga harus dipastikan saat bergerak misalnya berjalan, jongkok atau lainya, kain ihram tetap menutupi aurat yaitu aurat laki laki adalah dari Pusar sampai Lutut.
  • Sholat Sunnah Ihram 2 ( Dua rakaat )
  • Setelah Niat Umroh, direfresh atau di simak lagi larangan larangan saat umroh agar terhindar dari Dam dan kalau mekakukan larangan umroh tersebut harus dikomunikasikan dengan Mutowif atau pembimbing untuk pelaksaan damnya

Macam-macam Miqot Haji dan Umroh

Berdasarkan  Hadist Nabi Muhammad SAW sudah di tentukan 5 (Lima) tempat  untuk memulai ihram. Kedudukan wajib bagi siapa yang hendak melaksanakan ibadah umroh atau haji bermiqot dari tempat-tempat yang sudah ditentukan oleh Rasululloh tersebut :

Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Dia (miqot-miqot) itu untuk penduduknya dan orang yang datang melewatinya yang hendak melaksaakan haji dan umroh” (HR Bukhori dan Muslim)

sedangkan untuk Miqot sendiri  ada 2 (dua) bentuknya, yaitu :

A. Miqot  Zamani

Maksudnya adalah miqot  yang ditentukan oleh waktu. Untuk Umroh, miqot ini yaitu miqot zamani akan berawal pada sepanjang tahun saat umroh akan dilaksankan. Sedangkan untuk Haji Miqot berdasarkan waktu ini pada bulan Syawal sampai terbitnya tanggal 10 Zulhijah yakni saat ibadah haji dilaksanakan.

B. Miqot Makani

Pelaksanakan umroh atau haji dimulai dengan miqot berdasarkan tempat.

  • Miqot Al Juhfa, miqot ini untuk jamaah yang datangnya dari arah barat seperti Syam, Mesir, Maghribu serta bagi yang melewatinya. Jarak Miqot dari Juhfa ini ke Mekah Al Mukaromah kurang lebih 180 Km
  • Miqot Yalamlam. Miqot dari sini untuk jamaah yang arah sebelah timur seperti Indonesia, Singapura, Brunei atau kebanyakan dari asia tenggara, Miqotnya di Yalamlam atau As Sa’diyah atau Jeddah*. Untuk Miqot dari Jeddah akan dibahas terpisah dari artikel ini.
  • Miqot Qornul Manazil, yaitu miqot untuk jamaah-jamaah yang arah selatan misalnya Najed. Sekarang Miqot Qornul Manazil dinamakan Sail-AlKabir. Jarak miqot ini ke Mekah sekitar 75 Km
  • Miqot Dzulhulaifah atau Bir Ali, Miqot dari sini untuk jamaah jamaah yang datang dari Madinah atau yang melewatinya. Miqot di sini tempatnya di Dzulhulafah Bir Ali atau sering di sebut Bir Ali. Miqot ini mempunya jarak sekitar  450 Km dari Mekkah Al Mukaromah.

  • Miqot Dzatu Irqin. Miqot ini diperuntukan untuk Jamaah yang aranya dari Iraq. Miqot ini berjarak 90 Km dari Mekkah AlMukaromah
  • Miqot Jironah, Tanim dan Hudaibiyah, Miqot ini untuk Jamaah asal Mekah itu sendiri atau dimana Jamaah Travel Umroh Terbaik Nooralia haji Umroh bermalam di Hotel Mekah. Saat mau melaksankan umroh jamaah harus ke luar kota Mekaah dulu yaitu di Jironah, Tanim atau Hudaibiyah.

Demikian artikel tentang Miqot semoga bermanfaat untuk Para Perindu Baitulloh khususnya Jamaah Nooralia Haji Umroh Cirebon, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cibinong, Bogor, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Garut, Tasikmalaya Bandung, Brebes, Semarang, Surabaya, Surakarta, Jambi, Riau, Pontianak, Palangkaraya dan sekitarnya.

Paket Umroh Awal Musim 2019-2020

Umroh Promo Spektakuler

Umroh 12 Hari

Umroh plus Turki 12 hari

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.