fbpx
Beranda » Seputar Umroh & Haji » manfaat melakukan ibadah umroh

Ikhwah fillah, ibadah umroh merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan dengan cara mendatangi Baitullah atau Ka’bah. Ibadah umroh ini bisa dikategorikan ibadah haji kecil yang bisa dilakukan bersamaan dengan hari raya haji atau di waktu lainnya. umroh ini bisa dilakukan secara fleksibel karena waktunya bisa kapan saja dan biasanya harga dari umroh ini juga lebih murah dibandingkan haji besar. Ibadah haji umroh ini meskipun tidak seutama seperti haji besar namun dianjurkan untuk dilaksanakan

Umroh merupakan jihad bagi para kaum wanita dan juga buat orang yang lemah. Para Anda kaum hawa atau kaum wanita yang mana dapat dikatakan secara fisik lemah pada Rasulullah SAW, tidak dapat ikut berperang atau berjihad membela islam dijalan Allah. Akan tetapi, para kaum wanita dan juga orang yang lemah yang tidak dapat ikut bejihad dimedan perang mereka masih bisa memperoleh fadillah pahala berjihad dijalan Allah dengan cara melaksanakan ibadah Umroh yang tidak terikat oleh waktu tersebut.

Allah akan mengabulkan doa orang yang umroh Ibadah Umroh dan juga Haji dapat dikatakan istimewa dan juga banyak kelebihannya sebab sebagaimana yang tekah Anda ketahui bahwa tamu-tamu Allah atau orang yang berkunjung dan datang ke Tanah Suci dengan niat beribadah kepada Allah SAW guna mengerjakan ibadah tersebut dan menjadi tamu dari Allah SWT. Para Jemaah Haji dan juga Umroh merupakan tamu undangan dari Allah SWT sehingga apa yang tamu minta akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah hal yang paling sangat amat istimewa dari ibadah Haji dan juga umroh.

Umroh yang dilakukan lebih dari sekali dalam hidupnya adalah penghapus dosa Allah SWT telah menyebutkan bahwasannya akan menghapus dosa-dosa para hambanya di antara waktu pelaksanaan ibadah Umroh yang satu dengan Umroh yang dilakukan pada waktu berikutnya. Sederhananya atau logikanya seperti ini , jika pada dua tahun yang lalu kita pernah melaksanakan ibadah umroh di tanah suci mekkah , lalu pada tahun ini kita memperoleh rejeki lagi dan berkesempatan melakukan dan melaksanakan ibadah umroh lagi maka dosa-dosa di antara waktu kedua waktu Umroh tersebut atau dua tahun lalu itu akan diampuni oleh Allah SWT.

Meninggal pada saat ibadah Umroh pahalanya dicatat hingga hari kiamat. Nah, ini dia keuntungan atau keistimewaan jika Anda meningal atau wafat ketika melaksanakan atau sedang mengerjakan ibadah Haji dan Umroh dan juga keutamaan bagi Anda yang meninggal atau wafat dalam keadaan berpakaian berihram (di tengah pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh) adalah para orang yang wafat ini akan memperoleh semacam anugerah yang mana pahalanya akan dicatat hingga mencapai hari kiamat, hal ini telah tertera didalam hadits.

Dapat memperlancar rejeki dan juga keberkahan Jika Anda terdapat tetangga ataupun sanak keluarga yang pernah mengunjungi Baitullah atau Ka,Bah untuk melaksanakan ibadah Haji ataupun Umroh maka mereka terlihat kehidupannya yang lama kelamaan akan menajdi semakin baik, rezekinya akan terus mengalir secara terus menerus terus dan juga kehidupan keluarganya akan menjadi lebih berkah, inilah salah satu fadillah dari ibadah tersebut. Seluruh biaya maupun pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk beragkat mengunjungi dan menjadi tamu Allah SWT akan digantikan oleh Allah SWT dan diganti oleh Allah SWT secara berlipat-lipat ganda. Jadi jangan pernah merasa takut akan biaya yang dikeluarkan untuk beribadah ke Mekkah sebab itu merupakan ibadah dan jika dilaksanakan secara ikhlas dan mengharapkan ridho dari Allah Swt insya allah berkah dan akan digantikan oleh Allah SWT biaya akomodasi yang telah Anda keluarkan.

Pahala satu kali Umroh dengan salat di Masjid Quba. Tahukah Anda bahwasannya jikalau Anda melasanakan ibadah Shalat di Masjid Quba akan memperoleh keistimewaan tersendiri. Menurut dari Hadits Nabi Muhammad SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya akan memperoleh pahala seperti pahala Umroh” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401). Jika Anda belum mengetahui dimana Masjid Quba, Masjid Quba terletak di luar kota Madinah.

Pelaksanakan Ibadan umroh sama halnya dengan haji besar yaitu dengan melakukan ihram, tawaf, sai dan diakhiri dengan tahalul. Perbedaannya hanya di dalam haji umroh tidak ada menginap di mina. Manfaat dan keutamaan orang yang melaksanakan haji umroh ini juga sangat baik bagi anda semuanya

Perintah melakukan kegiatan haji umroh tertera pada al-quran di surah al baqarah ayat 196 “dan sempurnakanlah Ibadan haji dan umroh karena Allah.” Bukan hanya itu saja nabi Muhammad Saw juga pernah memberikan perintah sahabatnya untuk melakukan Ibadan umroh. Berikut ini adalah manfaat dan keutamaan bagi orang yang melaksanakan haji umroh.

Diberkahi oleh Allah

Orang-orang yang melakukan Ibadan haji umroh akan senantiasa diberikahi oleh Allah swt sesuai dengan ucapan Rasulullah yang berbunyi “mereka yang datang dan melaksakan Ibadan haji umroh di makkah maka mereka itu adalah para tamu Allah, karena mereka mendatangi rumah-Nya dan memenuhi panggilan-Nya. Oleh karena itu, Allah Ta’ala akan mengabulkan doa mereka”. Allah sangat menyenangi orang yang  bertamu ke rumah Allah atau baitullah mekkah. Jadi bagi orang yang melaksanakan ibadah haji umroh akan mendapatkan balasan dikabulkan doanya. Tentu saja anda harus berdoa dengan khusuk dan iklhas supaya bisa dikabulkan

Penebus dosa

Ibadah haji umroh juga bisa menjadi salah satu media penebus dosa, hal ini seperti sabda rasulullah “sekali umroh merupakan penebus dosa yang telah dilakukan hingga umroh berikutnya”, jadi bagi anda yang ingin menebus dosa atau bertaubat bisa dengan cara melakukan ibadah haji umroh.

Dijanjikan mati syahid

Nabi Muhammad juga pernah berkata demikian “bagi siapapun yang bermaksud melakasanakan haji atau umroh namun wafat dalam perjalanannya maka Allah akan memberikannya surge tanpa pengadilan. Allah berbangga pada mereka yang melaksanakan tawaf di baitullah.” Jadi bagi anda yang melaksankan ibadah haji atau umroh harus senantiasa memiliki hati yang ikhlas terutama saat terjadi musibah meninggal dunia karena sejatinya Allah swt sedang menghadiahkan surga pada orang tersebut.

Umroh saat puasa

Ibadah haji umroh sangat dianjurkan dan lebih baik dilakukan pada saat bulan puasa. Bulan puasa merupakan bulan penuh rahmat dan pahala sehingga melaksanakan umroh di bulan ramadhan akan melipatgandakan pahala bagi yang melaksanakannya. Umroh saat bulan ramadhan akan lebih meningkatkan keimanan karena lebih khusuk dalam menjalankan. Tentu saja mulai dari diri anda juga harus dipenuhi dengan keikhlasan dan rasa bersyukur tinggi pada Allah swt.

Manfaat dari ibadah haji umroh ini sangat baik terutama untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan ini anda akan merasakan apa artinya berjuang dan berkorban dan berusaha menuju jalan yang lebih baik.

Akhir-akhir ini banyak orang yang merasa tertipu oleh agen umroh karena dirinya tidak kunjung diberangkatkan ke baitullah, parahnya lagi uang yang telah disetorkan digelapkan oleh agen umroh. Jadi bagi anda yang menggunakan jasa agen umroh sebaiknya pilihlah travel yang resmi sesuai dengan rekomendasi pemerintah dan sudah berizin.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!