about us

Indonesia Usulkan 4 Perbaikan Haji Pada Arab Saudi

2023-06-16 10:18:53


Nooraliahajiumroh.com || Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam mengatakan bahwa Indonesia telah menyampikan 4 usulan kepada Kerajaan Arab Saudi dalam rangka perbaikan penyelenggaraan haji. Usulan tersebut disampaikan Indonesia lewat Konjen RI Jeddah, Eko Hartono pada rapat delegasi negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dengan Kementerian Haji Arab Saudi.

“Kami mengusulkan penambahan bandara kedatangan di Saudi, selain Jeddah dan Madinah. Usulan kita bisa di Thaif dan Yanbu’. Harapannya dengan adanya penambahan bandara, masa tinggal jemaah di Saudi bisa lebih dipangkas, menjadi berkisar 30 sampai 35 hari,” sebut Nasrullah Jasam di Jeddah, Selasa (13/6/2023).

Usulan kedua, lanjut Nasrullah, terkait dengan pelaksanaan bio visa dalam proses pemvisaan jemaah. Menurunya, ada kendala perekaman sidik jari jemaah dalam proses bio visa. Hal itu berdampak juga pada proses pemvisaan secara keseluruhan. “Kita usul agar ada solusi lain melalui perekaman retina mata yang juga sama akuratnya. Teknologinya bisa dikembangkan. Usulan ini diapresiasi oleh Saudi,” jelasnya.

Ketiga, perluasan layanan fast track. Indonesia mengusulkan agar layanan ini bisa dikembangkan di bandara lainnya. “Kita ada 13 embarkasi, dan semua diusulkan bisa mendapat layanan fast track,” paparnya.

Terakhir, usulan yang disampaikan delegasi Indonesia berkenaan dengan informasi kuota. Menurut Nasrullah, proses penyiapan penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia memakan waktu yang panjang. Karenanya, ketentuan terkait kuota haji diharapkan dapat diinformasikan lebih awal. “Kepastian kuota lebih awal akan mempercepat proses pembahasan anggaran, persetujuan BPIH, dan juga kontrak layanan di Arab Saudi,” ujar Nasrullah.

“Beberapa negara mengusulkan hal sama, utamanya terkait pemberitahuan kepastian kuota haji dan penambahan layanan fast track. Saudi menghimpun usulan yang ada dari berbagai negara untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan layanan pada operasional haji mendatang,” tandasnya.

#uanghajiumroh #tabunganhajiumroh #hajiumrohnooralia #kertajati #bandaraumroh #haji #umroh #syaratumroh #danahaji #aturankemenag #vaksinminingitis #haji2023 #umroh2023 #visaumroh #visahaji #makamnabi

Recent Listings


2022-06-24 22:19:43

Berita Nooralia

2022-06-28 22:18:41

Travel Umroh Cirebon Berizin