Categories:

Nooraliahajiumroh.com – Alhamdulillah pihak berwenang Saudi telah membuat gambar terdekat Hajar Aswad. Gambar menunjukkan megapiksel Hajar Aswad. Untuk pertama kalinya dalam sejarah. Terdapat 5 Keistimewaan Hajar Aswad, Hajar Aswad adalah batu mulia yang berasal dari surga. Nama Hajar Aswad berasal dari bahasa Arab al-Hajaru al-Aswad. Secara harfiah, Hajar berarti batu dan Aswad berarti hitam. Berikut sejumlah keistimewaan Hajar Aswad.

  1. Batu dari surga
    Hajar Aswad dibawa dari surga oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah SWT. Ketika itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS membangun tempat ibadah pertama di dunia.
    Di bumi, Malaikat Jibril memberikan batu tersebut kepada Nabi Ismail AS dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim AS di sudut Ka’bah bagian timur laut.
  2. Berwarna putih dan semakin menghitam.
    Keistimewaan Hajar Aswad adalah batu yang berwarna putih, tapi menghitam karena dosa-dosa manusia.
    Hajar Aswad semula berwarna putih bersih dan bersinar. Namun, dosa-dosa manusia membuat batu ini semakin hitam. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Tirmidzi. “Batu hitam turun dari surga dan itu lebih putih dari susu, tetapi dosa anak-anak Adam mengubahnya menjadi hitam,” (HR Tirmidzi

Sunah Rasul mencium Hajar Aswad
Mencium Hajar Aswad merupakan salah satu sunah Rasul. Nabi Muhammad SAW pernah mencontohkan mencium batu tersebut. Hal ini sesuai dengan cerita dari Umar bin Khattab yang terdapat dalam hadis riwayat Bukhari. “Sungguh, aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah SAW menciummu, aku pun enggan menciummu,” (HR .BUKHARI )

  1. Hajar Aswad seolah-olah tangan Allah di bumi
    Keistimewaan Hajar Aswad adalah seolah-olah tangan Allah di bumi. Hajar Aswad terletak di sudut Ka’bah bagian timur laut. Diriwayatkan Abu Ubaid, Rasulullah mengibaratkan Hajar Aswad sebagai tangan Allah di bumi. Mengusap Hajar Aswad ibarat sedang bersalaman dengan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah. “Barangsiapa bersalaman dengannya (Hajar Aswad), seolah-olah ia sedang bersalaman dengan Allah yang Maha Pengasih,” HR Ibnu Majah.
  2. Hajar Aswad menjadi saksi di hari kiamat
    Allah SWT akan membangkit Hajar Aswad di hari Kiamat dan menjadi saki bagi umat manusia. Itulah sejumlah keistimewaan Hajar Aswad, batu mulia yang berasal dari surga. Semoga kelak kita bisa mencium Hajar aswad

Selain itu pihak otoritas Saudi sejak awal Ramadhan sudah lebih dari 3 juta orang beribadah umrah dan sholat di Masjidil Haram. Dan di 10 malam terakhir Al Quran dan karpetnya telah di tata dan disusun kembali. Semoga menjadi pertanda Umroh dan haji akan di buka dan pelaksanaan ibadah nya kembali normal. Aamiiin.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.