Nooraliahajiumroh.com || JEDDAH. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan pada Sabtu (26/2/2022) bahwa tidak ada batasan usia bagi jamaah umrah untuk memasuki Dua Masjid Suci, yakni Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan, persyaratan untuk masuk ke Dua Masjid Suci hanya memerlukan aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, sehingga kondisi kesehatan jamaah bisa diketahui oleh petugas.

Tawakkalna sendiri merupakan aplikasi resmi pelacakan kontak Saudi yang disetujui oleh kementerian kesehatan. Aplikasi ini digunakan untuk memverifikasi atau memberikan bukti status vaksinasi individu dan menunjukkan status infeksi.

Dilansir saudigazette, Ahad (27/2) Masjidil Haram Masjid Nabawi masih menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pihak berwenang meminta semua pengunjung dan pekerja di Dua Masjid Suci untuk mematuhi tindakan pencegahan, dengan tetap mengenakan masker dan menjaga jarak fisik.

Selain itu, jamaah juga perlu mematuhi waktu masuk berdasarkan waktu yang ditentukan dalam umrah dan izin sholat yang dikeluarkan oleh aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, dan mematahi instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas di Dua Masjid Suci.