Nooraliahajiumroh.com – Sebanyak 1.216 jemaah umrah sudah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta. Jemaah diangkut dengan 5 maskapai antara lain Saudia Airlines, Lion Air, Qatar Airlines, Ettihad serta Garuda Indonesia.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin mengatakan per Rabu (12/01/2022) 1.216 jemaah umrah sudah diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta dengan rincian 25 orang Tim Advance Umrah yang berangkat 23 Desember 2021 (Saudia Airlines), 414 jemaah umrah PT Samira Ali Wisata berangkat 8 Januari 2022 (Lion Air), 109 jemaah umrah PT Jannah Firdaus berangkat 8 Januari 2022 (Qatar Airlines), 44 jemaah umrah PT Samawa Berkah berangkat 9 Januari 2022 (Saudia Airlines), 24 jemaah umrah Delegasi Kesthuri berangkat 10 Januari 2022 (Ettihad), 432 jemaah umrah PT Ameera Makah berangkat 11 Januari 2022 (Lion Air), 168 jemaah umrah PT Tannur Muttmainah, PT Ameera Makkah serta PT Berkah Zam-zam berangkat 12 Januari 2022 (Garuda),

Kemenag saat ini kata Nur Arifin telah menerapkan One Gate Policy (OGP/Keberangkatan Satu Pintu) yakni di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Dengan skema ttersebut jemaah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede langsung discreening kesehatan dan kelengkapan dokumennya.

“Screening kesehatan yang dilakukan di Asrama Haji Jakarta dilaksanakan dengan tertib. Tim penguji PCR melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan dan seluruh jemaah yang berangkat dari Asrama Haji Jakarta negatif Covid-19.,” kata Nur Arifin di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Rabu (12/01/2022). Namun, lanjut Nur, masih ada laboratorium yang melayani tes PCR di luar Asrama Haji Jakarta.

Pemberangkatan jemaah umrah ini ada 5 maskapai yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight), namun ada juga keberangkatan jemaah ada yang masih menggunakan penerbangan transit, dengan alasan keberangkatannya menggunakan deposit yang sebelumnya tertahan di maskapai tersebut;

Ia menyayangkan ada sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang tidak mentaati kebijakan screening kesehatan di Asrama Haji Jakarta dengan dalih kapasitas asrama terbatas dan mereka telah memiliki kontrak dengan hotel. “Semua PPIU harus mematuhi regulasi penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah pada masa pandemi Covid-19 sesuai dengan KMA Nomor 1332 Tahun 2021,” tegasnya.

Ia berharap, Asrama Haji Jakarta dapat dipersiapkan untuk karantina kepulangan jemaah umrah dengan pendampingan BNPB/Satgas Penanganan Covid-19. “Menyikapi perkembangan dan dinamika penyebaran Covid-19 secara global, sangat perlu melakukan kehati-hatian bagi jemaah umrah, berkaitan dengan massif-nya jumlah WNI yang keluar negeri untuk berumrah,” harapnya

Keberangkatan jemaah awal dilaksanakan setelah rapat koordinasi lintas kementerian/Lembaga dan mendapatkan arahan dari Menteri Agama. Keberangkatan perdana jemaah umrah dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2022 sebanyak 419 jemaah umrah.

Keberangkatan dengan menggunakan skema One Gate Policy, dengan memberangkatkan satu pintu dari Bandara Soetta. Jemaah dilakukan screening kesehatan 1×24 jam sebelum keberangkatan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, untuk 4 keberangkatan awal atau sampai 15 Januari 2022.

PCR dilakukan secara terpusat oleh laboratorium klinik yang ditunjuk oleh Kedutaan Arab Saudi dan masuk dalam rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Data hasil PCR masuk dalam aplikasi peduli lindungi.

*sumber
(haji.kemenag.go.id/ICA)

Segera persiapkan ! Jangan lewati kesempatan umroh bersama Nooraliahajiumroh.com